Makanan

1. Bakso Sony


Nih dia panganan paling terkenal di Lampung, bakso Son Haji atau yang lebih populer dengan sebutan bakso Sonny. Saking ramainya penggemar bakso ini, sang pemilik sampe membuat francise dibeberapa kawasan di Bandar Lampung, kalo enggak salah sampe ada 8 gerai deh. Tapi kalo mau coba sebaiknya cobain Bakso Sonny di pusatnya deh, di Jl Wolter Monginsidi, pas lebaran kemaren gw sampe terkagum-kagum melihat gerai bakso Sonny Jl Woltermonginsidi ini penuh sesak.Kelebihan bakso ini adalah rasa baksonya yang enak dan kenyal, daging asli gitu dan special untuk di gerai pusat di Woltermonginsidi ini kuahnya enaaak banget. Sempet sih kena fitnah kalo pake borax dan lainnya, tapi issue jahat itu pun mereda sendiri. Dan bagi yang jatuh cinta sama cita rasa baksonya, bisa membeli bakso dalam kemasan, dan bisa dibawa pulang dan sampe rumah bisa kita buat kuahnya sendiri, walo kalo boleh jujur sampe saat ini gw enggak pernah sukses bikin kuah bakso selezat bikinan pak SonHaji ini. Soal harga, jelas gak usah kawatir, seporsi kita hanya perlu merogoh selembar uang lima ribuan, maka perut akan terpuaskan (merrytariyadi)

2. Nasi Uduk Toha



Nasi goreng ini adalah salah satu nasi goreng yang gw sukain, tempatnya di salah satu tenda di sepanjang Jl. Kartini Bandar Lampung dan hanya buka setelah sore hari. Selain nasi gorengnya yang yummy, ayam goreng-nya juga lezat. Ayam kampung yang mereka olah bener-bener empuk dan bumbunya nyereeep banget, sambelnya juga mantep deh..Soal harga gak perlu kawatir deh, bener-bener harga kaki lima, berkisar Rp 10.000,- sampe Rp 15.000,-.Dijamin enak deh.

Agak geser kearah seberang tenda Nasi Goreng Rahayu Putra ini ada salah satu warung nasi uduk namanya Nasi Uduk Toha, nasi uduk yang cukup terkenal di Lampung, selain cita rasanya yang yummy, dan ayam kampung gorengnya juga lezat,warung nasi uduk ini buka semalam suntuk, jadi kalo sampe tiba di Bandar Lampung tengah malam dalam keadaan laper berat, gak usah takut gak bisa dapetin makanan enak, lari ke Nasi Uduk Toha di Jl Kartini ajah. Lagi-lagi kalo soal harga, gak perlu kawatir,asli murmer (merrytariyadi)

3. Kripik Pisang Suseno



Lampung rupanya terkenal dengan beberapa oleh-olehnya yang sangatlah khas, misalnya Kopi Lampung, Kue Bangkit, Sambal Lampung, Kemplang dan tentunya Keripik Pisang, namun kali ini saya ingin bahas sedikit mengenai oleh-oleh khas dari Lampung yakni berupa Keripik Pisang ataupun Keripik Nangka, adapun merk keripik pisang yang paling diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lampung ialah Keripik Pisang merk Suseno. Keripik ini mulai ada sejak tahun 1982.

Dengan kemasan yang menawan karena pada bagian luar dikemas dengan kotak, sedangkan bagian dalam dikemas dengan plastik. Dengan kemasan tersebut, keripik ini terjamin kebersihan dan cita rasanya, adapun varian dari keripik pisang merk Suseno ialah 3 macam jenis rasa, yakni rasa manis, rasa keju, dan rasa cokelat. Ketiga macam varian tersebut sangatlah renyah di lidah. Dan keripik ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran 250 gram, 500 gram hingga 1 kilogram, tinggal pilih sesuai kebutuhannya deh? Dan untuk masa kadaluarsanya, dikarenakan keripik ini tidak memakai bahan pengawet sama sekali maka maksimum masa kadaluarsanya ialah 6 bulan sejak di produksi.

Sedangkan untuk masalah harga, oleh-oleh khas Lampung ini sangatlah terjangkau. Keripik pisang Suseno berukuran 500 gram (cokelat/keju) berharga Rp. 30.000 per kotak. Untuk keripik pisang rasa manis, harganya malah lebih murah. Harga keripik nangka berukuran 150 gram adalah Rp. 15.000. sangat terjangkau bukan?

Untuk ukuran rasa, nampaknya keripik pisang merk Suseno khas Lampung ini memang belum terkalahkan oleh kompetitor yang sejenis, oleh karenanya jangan heran apabila banyak yang mencari keripik pisang merk ini di toko oleh-oleh khas lampung, kelezatan rasa Coklat atau Kejunya ditambah kerenyahan keripiknya dijamin membuat anda ingin membawa lebih banyak oleh-oleh jenis ini untuk keluarga maupun handai taulan.

(Ditulis oleh AR untuk http://wisatalampung.com)

No comments:

Post a Comment

Tirtayasa Beach of Lampung All rights reserved 2009